Pemprov Kalteng Tetapkan Status Tanggap Darurat Karhutla

Kadinkes Kalteng Suyuti Syamsul saat memberikan keterangan kepada awak media.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab)/Kota se-Kalteng telah menetapkan status tanggap darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalteng. Ditetapkannya status ini, maka Pemprov Kalteng akan menanggung seluruh biaya pelayanan kesehatan,  khususnya pasien ISPA dampak dari kabut asap.

“Dengan ditetapkannya,  status tanggap darurat bencana maka prosedur pelayanan kesehatan terutama pembiayaan akan berubah,  dan ditanggung sepenuhnya oleh Pemprov Kalteng bersama Kabupaten/Kota,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Sayuti Samsul kepada awak media, Rabu (18/9/2019).

Dikatakaan Sayuti, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan dana terkait Tanggap Darurat bencana ini, sambil berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota. Mungkin nanti akan disampaikan melalui surat edaran.

“Saat ini jumlah rumah singgah oksigen di Kalteng keseluruhanya sebanyak 118 tempat dan gratis bagi masyarakat, silahkan masyarakat datang ke rumah singgah oksigen yang terdekat,”ujar Suyuti. (ed/adv)