Pemprov Kalteng Siapkan 667.949 Ha Lahan Bagi Investasi Uni Emirat Arab

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat memberikan paparan kepada Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Kemenko Kemaritiman Jakarta, Selasa (3/9/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah menyambut baik dan siap menerima investasi dari Elite Agro Uni Emirat Arab khusus dibidang pertanian. Terlebih lagi, Kementerian Pertanian RI akan mengirimkan data lengkap mengenai hasil survei topografi, pemetaan tanah dan studi hidrogeologi pada lahan yang dianggap cocok untuk budidaya tanaman yang dimaksud.

Hal ini diungkapkan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat mengikuti rapat koordinasi yang dipimpin Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Kemenko Kemaritiman Jakarta, Selasa (3/9/2019).

“Setelah dilakukan survei di beberapa lokasi/areal dalam rangka rencana investasi tanaman pangan dan holtikultura. Pemprov Kalteng pada prinsipnya menyambut baik dan siap menerima investari dari Elite Agro Uni Emirat Arab khusus dibidang pertanian tersebut,” kata Sugianto Sabran.

Menurut Sugianto, ada beberapa komoditas perkebunan dan hortikultura memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan di Provinsi Kalimantan Tengah dengan mempertimbangkan, memiliki permintaan dan daya saing yang tinggi di pasar domestik dan intenasional.

Kemudian, memiliki potensi pengembangan yang baik seperti dukungan ketersediaan lahan dan kebijakan pengembangan yang kondusif, dan memiliki keterkaitan yang tinggi dikaitkan dengan pengembangan industri hulu maupun hilir, memiliki peran signitikan dalam menunjang aspek ketahanan pangan domestik dan penyerapan tenaga kerja.

Elite Agro akan melaksanakan studi pasar terhadap komoditas buan-buahan tropis untuk lokal dan pasar ekspor seperti buah Belimbing (Carambola), Srikaya (Custard apple), Durian, Jambu Batu (Guava), Sawo (Star apple), Nangka (Jackiruit). Klengkeng (Longan), Manggis (Mangosteen), Markisa (Passion fruit),

Rambutan, Jeruk Nipis (Finger Lime), Jeruk Citrus, Nenas (Pineapple), Mangga (Mango), Pepaya (Papaya) Jagung (Corn), Tanaman Pakan Ternak (Tropical Alfalfa) – Ketersediaan lahan untuk budidaya tanaman sayuran (open field vegetables for processing) Tanaman Lada (Pepper trees) Kayu manis (Cinnamon)

Baca Juga :  Bendungan Kapasitas 900 Juta M3 Akan Dibangun di Kalteng

Sementara lahan yang disiapkan  seluas ±667.949 Ha tersebut  berada di Kabupaten/Kota yakni Palangka Raya ±5.148 Ha, Pulang Pisau ±26.374 Ha, Barito Selatan ±157.069 Ha, Kotawaringin Timur ±95.015 Ha, Katingan ±8.047 Ha, Kapuas ±376.296 Ha. (ed/adv)