Pemprov Kalteng Dukung Kelembagaan JIGN Diperkuat

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat memberikan keterangan Senin (9/9/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres. com – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri mengungkapkan, bahwa menuju era integrasi satu data dan keterbukaan pemerintah (open government).  Lantaran penyelenggaraan satu data yang akuntabel dan berintegritas berdasarkan pada Sistem Informasi Geospasial Indonesia.

“Ini menunjukkan benang merah yang kuat bahwa kebijakan Satu Data Indonesia (SDI) akan menjadi payung besar bagi kegiatan Percepatan Kebijakan Satu Peta (PKSP), karena lingkup data mencakup juga data geospasial dan kelembagaan Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) akan terintegrasi ke dalam kelembagaan satu data,” kata Fahrial Fitri saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, dalam acara rakor Bimtek Penguatan Jaringan Informasi, di Swissbell Hotel Danum Minggu (9/9/2019).

Menurut Fahrizal Fitri, kelembagaan Jaringan infomasi Geospasial Nasional (JIGN) perlu dipertahankan dan diperkuat keberadaannya, karena memiliki peran strategis sebagai pembina data spasial yakni penanggung jawab basis dan analisis spasial yang akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggung jawabkan di daerah.

“Peran JIGN ini bertambah penting dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden pada peluncuran geoportal Kebijakan Satu Peta yang telah dilaksanakan di Holel Bidakara Jakarta tanggal 11 Desember 2018 lalu, bahwa pemerintah daerah perlu bekerjasama dan berkolaborasi dengan KL dalam menyelesaikan isu-isu tumpang tindih,” ujarnya.

Karena itu lanjut dia, diperlukan pembinaan berupa penguatan mengoperasionalisasikan fungsi Simpul Jaringan dan infrastruktur Informasi Geospasial, sehingga mampu mengemban tugasnya dengan baik, mulai pada tahapan dalam kelembagaan kapasitas. (ed/adv)