Pemkab Mura Sediakan Ruang Oksigen Gratis Bagi Masyarakat

Wabup Mura Rejikinoor saat memberikan keterangan kepada awak media.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) menyediakan ruang oksigen gratis bagi warga yang terkena dampak kabut asap. Ruang tersebut disiapkan di rumah sakit hingga puskesmas. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Mura, Rejikinoor kepada awak media, Jumat (20/9/2019).

Rejikinoor mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan lintas sektor dalam rangka menanggapi kondisi cuaca kabut asap yang mengganggu kesehatan masyarakat akibat dampak kabut asap yang semakin pekat.

“Untuk pelayanan kesehatan menghadapi dampak kabut asap ini kita sudah menyiapkan ruang oksigen bagi warga yang terkena dampak kabut asap baik di RSUD Puruk Cahu maupun disetiap Puskesmas,”ungkapnya.

Untuk itu lanjut dia, pihaknya mendorong semua pihak terlibat dalam upaya meminimalisir dampak buruk kabut asap terhadap kesehatan masyarakat seperti melakukan pembagian masker, serta penyiapan adanya ruang oksigen.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Mura dr Suria Siri mengatakan, bahwa semua fasilitas kesehatan tingkat pertama di Murung Raya ini sudah menyiapkan satu ruang oksigen guna membantu masyarakat secara gratis.

“Kita mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan waspada beraktifitas diluar ruangan karena udara yang kurang sehat yang dapat meyebabkan terjadinya infeksi saluran pernapasan (ISPA),”ucapnya. (ari)