Pemkab Mura Diminta Proaktif Antisipasi Karhutla

Anggota DPRD Mura Imanuddin saat poto bersama warga Selasa (10/9/2019).

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) diminta proaktif menangantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Mura. Hal ini diungkapkan oleh Anggota DPRD Mura Imanudin kepada Kalteng Ekspres.com Selasa (10/9/2019).

Menurutnya, meski Kabupaten Mura hanya terkena dampak atas karhutla daerah lainnya namun bencana kabut asap ini tetap menjadi perhatian. Pasalnya, banyak dari warga yang mengeluhkan gangguan pernapasan serta gangguan jarak pandang.

“Pemkab Mura melalui beberapa instansi terkait harus terus melakukan sosialisasi untuk penanganan karhutla sehingga dapat mendeteksi secara dini wilayah rawan kebakaran serta pihak Dinas Kesehatan Mura juga agar terus mlakukan pembagian masker kepada masyarakat hingga dipedesaan,” kata Politisi PKS ini.

Disamping itu ia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat luas agar tidak melakukan pembakaran lahan baik itu skala kecil hingga skala besar ketika bencana kabut asap ini masih berlansung.

“Masyarakat juga bisa memahami dampak akibat terjadinya karhutla sehingga kita terus sampaikan agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan serta berhati-hati membuang sesuatu pada lahan kering agar tidak memicu terjadinya karhutla,” tandasnya. (ari)