Pemkab Kobar Bersama Ratusan Masyarakat Salat Istisqa

Wakil Bupati Ahmadi Riansyah dan sejumlah pejabat serta masyarakat saat salat istisqa meminta turun hujan di halaman Kantor Bupati Kobar Selasa (10/9/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) bersama ratusan masyarakat melaksanakan salat Istisqa.  Salat sunat berjamaah meminta turun hujan ini, diikuti oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah dan Wakil Bupati Ahmadi Riansyah, di halaman Kantor Bupati Kobar, Selasa (10/9/2019). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Sementara DPRD Kobar Rusdi Gozali, dan usnur Forkominda serta SOPD Pemkab Kobar.

Bupati mengatakan, salat istisqa ini sebelumnya sudah diumumkan melalui surat edaran yang dikeluarkan ke seluruh instansi pemerintah, swasta dan masyarakat luas untuk bersama sama menggelar salat istisqa minta hujan, termasuk umat beragama yang lain untuk melaksanakan doa bersama ditempat ibadahnya masing-masing sesuai dengan kepercayaannya.

“Pada kesempatan ini saya juga mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan dan tidak membakar lahan secara sembarangan. Sebab dampaknya sangat luas dan mengganggu aktivitas warga. Apalagi selama musim kemarau, membakar lahan bisa merembet dan meluas menimbulkan kabut asap,”ungkp Nurhidayah.

Sementara itu bertepatan dengan dilaksanakannya  salat meminta turun hujan ini, warga mon muslim di Kabupaten Kobar juga turut melakukan doa bersama lintas agama lainnya di tempat yang sudah ditentukan.

“Untuk umat kristiani dan katolik digelar doa bersama meminta hujan di Aula Kantor BKPP Kobar yang dipandu oleh pendeta. Untuk masyarakat lainnya bisa melaksanakan di sekolah dan kantor masing-masing,” tandas Nurhidayah. (yus)

Selaku imam salat dan penceramah adalah dari (Ponpes) Ar-Raudhah, Habib Muhammad Sulaiman. Dalam ceramahnya, warga Kobar diminta bersama-sama untuk berdoa meminta hujan. “Sebab dengan hujan bisa memadamkan api di pedalaman supaya kabut asap bisa menghilang di Kobar,” pungkasnya. (yus)