Pembobol Kantor KPU Tumbang Didor Polisi 

Pelaku saat meringis kesakitan usai didor polisi ketika mendapat perawatan di RS Bhayangkara Polda Kalteng Selasa (17/9) malam.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Tim Buser, Reskrim dan Resmob Polres Palangka Raya berhasil membekuk pelaku pencurian di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palangka Raya, Senin (16/9/2019) kemarin.

Aksi yang dilakukan Syamsul Bahri (49) bersama temannya Imis (25) yang saat ini masih dalam pencarian petugas terekam jelas oleh kamera pengintai (CCTV) di Kantor KPU tersebut.

Petugas yang melakukan identifikasi dari hasil CCTV berhasil menangkap pelaku di Banjarbaru Kalimantan Selatan (Kalsel). Dari hasil pengambangan pelaku juga beraksi di beberapa tempat yaitu di mes pertanian Jalan Mahir Mahar Km 8 dan Jalan Sultan Hasanuddin Kota Palangka Raya.

“Pelaku beraksi bersama temannya yang saat ini berstatus DPO. Pelaku ini berhasil dibekuk di rumahnya di Banjarbaru Kalsel,”kata Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar Selasa (17/9/2019) tadi malam.

Modus yang digunakan pelaku mengincar rumah, kantor atau toko yang posisi pintunya terbuka. Saat pemilik dalam keadaan lengah para pelaku ini masuk dan mengambil barang-barang korbannya.

“Saat dilakukan penangkapan pelaku sempat melakukan perlawanan terhadap petugas dan berusaha untuk melarikan diri sehingga petugas terpaksa memberikan tindakan tegas terukur terhadap pelaku,” ungkap Timbul.

Beberapa barang bukti dari tangan pelaku yang disita petugas berupa pisau dan besi yang digunakan untuk beraksi, helm dan 3 laptop. Sementara itu pengakuan dari pelaku sebagian barang-barang tersebut dijual dan uangnya untuk kebutuhan sehari-hari.

“Kini pelaku mendekam di balik tahanan Polres Palangka Raya untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Akibat ulahnya ia dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian disertai pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” tandas Timbul. (am)