Lima Fraksi di DPRD Barsel Terbentuk

Anggota DPRD Barsel saat menggelar rapat gabungan pembentukan fraksi Selasa (10/9/2019).

BUNTOK, KaltengEkspres.com – DPRD Barito Selatan (Barsel) sepakat membentuk lima fraksi dalam rapat paripurna internal yang dilaksanakan di ruang rapat gabungan Komisi DPRD Barsel, Selasa (10/9/2019). Lima fraksi dewan yang diumumkan dalam rapat paripurna internal ini meliputi tiga fraksi murni dan dua fraksi gabungan.

Ketua Sementara DPRD Barsel , Ir. HM. Farid Yusran MM saat dibincang Kalteng Ekspres.com usai paripurna menjelaskan, bahwa rapat yang digelar tersebut adalah untuk mengesahkan fraksi, tata tertib (tatib) dan kode etik.

“Saat ini, kita telah masuk ketahapan pengesahan fraksi, tatib dan kode etik. Fraksi kalau menurut ketentuan perundangan, itu harus diumumkan melalui paripurna. Nah tadi kita umumkan, dengan demikian fraksi yang ada, fraksi murni tiga dan gabungan ada dua fraksi,”kata Farid.

Ketua DPC PDIP Barsel ini menjelaskan, bahwa baik tatib dan kode etik DPRD sudah rampung disusun. Selesainya tatib dan kode etik sendiri, merupakan hasil kerja Pansus yang dinilainya cukup efektif dalam melaksanakan tugas penyusunan baik tatib maupun kode etik.

“Tatib tadi juga sudah selesai, karena kita menggunakan sistem Pansus. Karena di beberapa daerah yang tidak menggunakan Pansus, tapi di paripurna seperti tadi itu akan kurang begitu efektif,”ujarnya.

Sementara dari  pantauan Kalteng Ekspres.com  Kelima fraksi beserta susunan kepengurusannya adalah, fraksi PDIP, Ketua, Ir. HM. Farid Yusran, Sekretaris, Ensilawatika Wijaya. Fraksi Golkar, Ketua H. Moch Yusuf, Sekretaris, Hj. Ani Mahrita dan fraksi PKB, ketua Rinto Rahman dan sekretaris Akhmad Jumadi.

Sedangkan  fraksi gabungan Parpol Nasdem, PPP dan Berkarya, yakni fraksi Nasdem Pembangunan Berkarya (NPB) dengan ketua Rusinah Andelen dari Parpol Nasdem dan Sekretaris Nurul Hikmah dari PPP.

Baca Juga :  Tukang Las Tewas Saat Mengelas Tongkang Meledak

Terakhir adalah gabungan antara Parpol Gerindra, Demokrat, PAN dan PKS, yakni fraksi Gerakan Demokrasi Amanat Keadilan (GDAK), sebagai ketua Adiyat Nugraha dari Partai Gerindra dan Sekretaris Rahmanto Rahman dari PKS. (rif)