Kejari Mura Kampanyekan Gerakan Pakai Masker

Kajari Mura Robert Sitinjak saat membagikan masker kepada pengendara saat mengkampanyekan gerakan pakai masker Senin (16/9/2019).

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com –  Kejaksaan Negeri (Kejari) Murung Raya kampanyekan Gerakan Pakai Masker (Go Mas), sekaligus berbagi masker kepada masyarakat pengendara Senin (16/9/2019). Kegiatan ini dipimpin langsung Kepala Kejari Mura Robert Sitinjak, dan diikuti oleh Wakil Bupati Mura Rejikinoor serta Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mura.

“Kita mengadakan kampanye gerakan memakai masker ini, karena kasian terhadap anak- anak yang sekolah. Lantaran seharusnya mereka diliburkan, dan tidak ke luar rumah untuk menghirup asap kiriman akibat kebakaran dari daerah lain,” ungkap Kajari Mura Robert Sitinjak kepada awak media, Senin (16/09/2019).

Menurutnya, para anak-anak dan orang tua lanjut usia (lansia) memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, sehingga rentan terhadap berbagai penyakit, salah satunya akibat kabut asap seperti Inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Selain itu, penyebaran virus atau bakteri yang menimbulkan penyakit ISPA di kalangan anak-anak dapat terjadi sangat cepat, karena kebanyakan mereka berinteraksi secara dekat dan melakukan kontak dengan temannya.

“Kita mengimbau agar anak-anak saat ke luar rumah atau ke berangkat sekolah memakai masker, untuk menghindari penyakit ISPA.  Karena penyakit infeksi di saluran pernapasan ini bisa menimbulkan gejala batuk, pilek, disertai dengan demam. ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak dan lansia,”tandasnya. (an/hm)