Karhutla Perlu Ditanggulangi Bersama

Camat Murung Banjang Jalin

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Kian maraknya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Murung Raya (Mura) khususnya di Kecamatan Murung, sehingga menimbulkan kabut asap mendapat tangapan dari Camat Murung Banjang Jalin.

Ia berharap,  karhutla ini bisa ditanggulangi bersama sehingga dampaknya tidak menganggu kesehatan masyarakat. Pasalnya, akibat kabut asap ini, banyak masyarakat khususnya yang tinggal di Kecamatan Murung terpapar penyakit ISPA.

“Maraknya karhutla ini perlu kita tanggulangi bersama. Dalam artian tidak hanya pemerintah daerah melainkan juga masyarakat harus terlibat melakukan penanggulangan terutama jika melihat kejadian kebakaran di desanya masing-masing. Jangan hanya melihat dan membiarkan,”ungkap Banjang Jalin kepada KaltengEkspres.com Minggu (15/9/2019).

Banjang Jalin juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal baik di kelurahan dan desa di Kecamatan Murung agar tidak melakukan pembakaran lahan atau membuka lahan dengan cara membakar selama kemarau. Karena dampak negatif akibat karhutla ini dirasakan semua masyarakat.

“Jangan sampai akibat ulah satu oknum, berakibat masyarakat banyak yang terkena dampaknya. Ini yang harus kita cegah dan tanggulangi bersama supaya jangan sampai terjadi karhuta di Kecamatan Murung,” tandasnya. (an/hm)