Karhutla di Kobar Nyaris Membakar Rumah Warga

Tim Satgas Karhutla Kobar saat melakukan pemadaman api di lokasi kejadian Sabtu (31/8) sore.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Kebakaran lahan terjadi di sekitar kawasan pemukiman penduduk tepatnya di RT 18 Jalan Ujang Iskandar  Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Sabtu (31/8/2019) sore sekitar pukul 15.30 WIB.  Kejadian ini  sempat membuat panik warga setempat, karena kobaran api nyaris mendekati perumahan warga.

Salah satu petugas pemadam kebakaran mengatakan, api membakar disemak belukar kering, hembusan angin yang bertiup kencang membuat api dengan cepat membesar, dalam satu jam api sudah menghanguskan lahan sekitar 800 meter.

Parahnya, sisa material yang terbakar terbawa hembusan angin dan membakar lahan kosong yang berada di seberangnya. “Tadi ada empat titik api yang berusaha di padamkan,” ungkap petugas damkar yang tak bersedia namanya dipublik.

Sementara Kasatpol PP dan Damkar Majerum Purni menjelaskan,  kebakaran lahan ini  sempat membuat warga panik karena titik api dari rumah warga hanya berjarak kurang lebih 10 meter saja, warga mengeluarkan alat seadanya untuk memadamkan dengan mengambil air dari kolam ikan terpal yang berada di belakang rumah.

“Beruntung saat itu kejadian cepat dilaporkan, sehingga tim Satgas baik dari Anggota Damkar, BPBD Kobar, Tagana, TNI dan Polri segera melakukan penanganan, dengan membagi tim menjadi dua titik. Hingga pukul 19.30 WIB, api dapat dijinakkan oleh Satgas Karhutla,”ujar Majerum kepada awak media, Minggu (1/9/2019). (yus)