Kapolda Tegaskan Tangkap Pembakar Lahan

Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Ilham Salahudin saat memberikan keterangan kepada awak media, Jumat (20/9/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com  – Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Drs Ilham Salahudin menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas para pelaku pembakar hutan dan lahan (karhutla) selama musim kemarau ini.

“Siapapun yang bersalah telah melakukan pembakaran hutan dan lahan harus kita tangkap. Karena sudah banyak korban akibat asap karhutla, bukan cuma manusia, semua mahluk hidup juga dirugikan akibat ulah si pelaku karhutla ini,” tegas Kapolda saat berkunjung ke Mapolres Kobar Jumat (20/9/2019).

Kapolda juga mengajak kepada awak media, agar bisa menyebarkan informasi yang sifatnya bisa menghentikan kegiatan masyarakat yang sengaja membakar hutan dan lahan selama kemarau ini. Karena 90% kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalteng ini, dilakukan oleh manusia bukan oleh faktor  alam.

“Ketika sudah menjadi bara api, dengan kedalaman gambut 23 sampai lebih, maka akan sulit memadamkannya memerlukan curah hujan yang cukup deras, banyak serat yang cukup membuat api susah dipadamkan, yang berakibat banyaknya asap dimana-mana,”ungkap Kapolda.

Akibat dampak dari kebakaran ini lanjut dia, masyarakat menghirup udara yang tidak nyaman karena diselimuti kabut asap yang menganggu kesehatan.

“Tentunya hal ini merugikan kita semua, peran media sangatlah di butuhkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar jangan pernah membakar lahan dan hutan lagi selama kemarau ini,” tandasnya. (yus)