Kabut Asap Mulai Mengganggu Penerbangan di Bandara Iskandar

salah satu maskapai saat parkir di Bandara Iskandar.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Maraknya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) belakangan terakhir ini, mengakibatkan Kota Pangkalan Bun mulai diselimuti kabut asap. Keberadaan kabut asap ini berdampak menganggangu jadwal penerbangan di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, sehingga terjadi keterlambatan atau delay.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun Zuber menerangkan, sejumlah pesawat yang akan landing mengalami keterlambatan disebabkan kabut asap di Bandara Iskandar Pangkalan Bun dengan jarak pandang hanya 500-700 meter.

“Iya pagi tadi ada beberapa maskapai yang delay, jarak pandang hanya 500 meter, sedangkan jarak pandang normal minimai 2 kilometer, adapun pesawat yang mengalami delay yakni Trigana Air IL 712 Surabaya – Pangkalan Bun, Nam Air IN 190 Jakarta – Pangkalan Bun dan Trans Nusa 8B. Sedangkan untuk maskapai Wings Air tidak mengalami delay,”ungkap Zuber kepada awak media Kamis (5/9/2019).

Menurut Zuber, dengan delay beberapa maskapai penerbangan di Bandara Iskandar Pangkalan Bun ini juga berdampak pada jadwal penerbangan selanjutnya.

“Jadi yang harusnya sesuai jadwal, rute berikutnya menjadi ikut delay juga, semoga kabut asap ini bisa teratasi dan jadwal penerbangan kembali normal,” harapnya. (yus)