Kabupaten/Kota Diminta Susun Design Pengendalian Penduduk

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat menyampaikan sambutannya, Selasa (24/9/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri mengatakan, program Kependudukan, Keluarga Berencana Pengendalian Penduduk (KKB2P) memegang peran yang sangat sentral dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Untuk itu, diharapkan Bupati dan Walikota bersinergi dengan DPRD Provinsi maupun Kabupaten/Kota dapat duduk bersama menyusun Grand Design Pengendalian Kependudukan yang paripurna berwawasan kependudukan di Provinsi Kalimantan Tengah beserta seluruh Kabupaten/Kota. Hal ini dikatakan Sekda pada acara Review Program KKBPK, Selasa (24/9/2019).

Menurut Fahrizal, untuk menyongsong RPJMN Tahun 2020-2024″ ini,dirinya berharap agar Program KKB2P dapat berjalan selaras dengan kebijakan-kebijakan di Kalimantan Tengah. Kebijakan KKB2P menjadi pra-syarat untuk meningkatkan kinerja sektor-sektor lainnya. Keberhasilan di bidang ini akan memberi landasan kuat bagi pencapaian keberhasilan di bidang pembangunan sektor lain.

“Demikian juga sebaliknya, kegagalan program Kependudukan dan Keluarga Berencana akan merusak potensi keberhasilan sektor lain yang bahkan akan berakibat pada lamban atau stagnannya capaian pembangunan secara keseluruhan, baik di tingkat
Kabupaten, Provinsi maupun secara Nasional,”ungkap Fahrizal saat membacakan sambutannya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, perlu penajaman dalam penyusunan Grand Design Pengendalian Kependudukan (GDPK) yang menyangkut 5 (lima)
aspek yaitu: 1. Peningkatan Kualitas penduduk, 2. Pengelolaan Kuantitas penduduk, 3. Pengarahan mobilitas penduduk, 4. Pembangunan Keluarga, 5. Pengembangan Sistim Informasi data kependudukan yang berkualitas dan terintegrasi.

“Disamping itu perlu penyusunan Road Map Grand Design di semua level guna memudahkan pemantauan dan evaluasinya. Saya percaya BKKBN melalui Kantor Perwakilannya di Kalimantan Tengah sangat memahami dan mampu bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mewujudkan Kalimantan Tengah yang semakin BERKAH,” ucapnya.

Sekda juga berharap kepada  Bupati/Walikota se-Kalimantan Tengah agar mendukung setiap Program KKBPK karena program ini memiliki aspek strategis dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. (ed/adv)