Hot Spot Meluas, Tim Satgas Mulai Kewalahan Padamkan Api

Tim Satgas Kobar saat melakukan pemadaman api Rabu (4/9/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com -Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) semakin marak. Bahkan, kini petugas satuan tugas (Satgas) mulai kewalahan dalam memadamkan api. Lantaran selain disulitkan dengan jarak mengambil air, posisi kebakaran sudah menyebar beberapa titik di saat bersamaan.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kobar Majerum Purni menuturkan, pada Rabu (4/9/2019) sekitar pukul 10.40 WIB saja,  pihaknya menerima laporan dari warga ada 4 lokasi berbeda terjadi kebakaran lahan. Yakni di Gang Mihau, Kelurahan Baru, di dekat BTN Sei Tatas, Kelurahan Baru dan di belakang Kantor Kecamatan Kumai, sekitar pukul 16.00 menjadi 9 titik.

“Menindaklanjuti laporan tersebut, kita menurunkan 95% dan beberapa unit mobil damkar. Untuk di lokasi RT 30, Gang Mihau dan dekat BTN Sei Tatas, kami mengerahkan 2 unit mobil damkar dengan petugas beserta petugas yang lain saling bahu-membahu,” ujarnya.

Menurut Majerum dalam mengatasi ini, hampir 95% petugas dibuat kewalahan disamping mondar-mandir dari satu tempat ke tempat lokasi karhutla yang lainnya.

“Karhutla di belakang Kantor Kecamatan Kumai jelang tengah hari sudah berhasil dipadamkan. Namun, beberapa saat setelah petugas damkar selesai melaksanakan tugas, pukul 13.16, kami mendapat laporan adanya karhutla dekat permukiman di RT 12, Desa Sungai Sintuk,”ungkap Majerum.¬† (yus)