Gubernur Inginkan Legislatif dan Eksekutif Selalu Sinergi

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya. Senin (23/9/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran menegaskan  bahwa kedudukan DPRD, sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah telah menyatakan, kedudukan DPRD dan Kepala Daerah beserta jajarannya adalah sejajar, yakni bersama-bersama sebagai mitra.

“Karena itu sebagai mitra maka eksekutif dan legislatif  harus selalu sinergi dan menjaga harmonisasi agar masyarakat yang diwakili bisa tenang, dan damai,” ungkap Gubernur pada acara Pembukaan Kegiatan Orientasi Tugas Anggota DPRD Kabupaten/Kota Angkatan I di Wilayah Kalimantan Tengah di Hotel Bahalap, Senin (23/9/2019).

Gubernur juga berpesan, jangan sampai antara DPRD dan Kepala Daerah beda pendapat, dan saling menjatuhkan satu dengan lainnya sehingga berimbas pada tidak maksimalnya roda pemerintahan.

Menurutnya, menjaga sinergisitas kemitraan merupakan keniscayaan yang tidak boleh dibantah, oleh karena itu menghadirkan jiwa besar dalam pengelolaan pemerintahan daerah sangat diutamakan.

Karena dengan lebih mendahulukan kepentingan kesejahteraan masyarakat ketimbang kepentingan pribadi egoisme/kelompok dan golongan menjadi faktor utama suatu daerah lebih cepat maju dan berdaya saing.

Sugianto menambahkan, pemerintah daerah dan DPRD, harus saling menghargai. Boleh menyampaikan kritik, karena perbedaan pendapat hal yang biasa.

“Namun kritik harus disampaikan dengan baik, sesuai dengan norma. Untuk itu lah, penting bagi kita untuk membaca dan memahami berbagai peraturan perundang-undangan. Salah satunya, dalam hal pembahasan anggaran atau APBD”, imbuhnya.

Pada kesempatan ini ia berharap, pembahasan jangan sampai berlarut-larut atau bahkan bermasalah. Karena kalau sampai berlarut-larut atau bahkan mengalami keterlambatan, masyarakat yang akan terkena dampaknya. (ed/adv)