Home / Pemprov Kalteng

Senin, 23 September 2019 - 18:27 WIB

Gubernur Inginkan Legislatif dan Eksekutif Selalu Sinergi

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya. Senin (23/9/2019).

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya. Senin (23/9/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran menegaskan  bahwa kedudukan DPRD, sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah telah menyatakan, kedudukan DPRD dan Kepala Daerah beserta jajarannya adalah sejajar, yakni bersama-bersama sebagai mitra.

“Karena itu sebagai mitra maka eksekutif dan legislatif  harus selalu sinergi dan menjaga harmonisasi agar masyarakat yang diwakili bisa tenang, dan damai,” ungkap Gubernur pada acara Pembukaan Kegiatan Orientasi Tugas Anggota DPRD Kabupaten/Kota Angkatan I di Wilayah Kalimantan Tengah di Hotel Bahalap, Senin (23/9/2019).

Baca Juga :  Pemprov Gelar Rapat Teknis Pra Musrenbang

Gubernur juga berpesan, jangan sampai antara DPRD dan Kepala Daerah beda pendapat, dan saling menjatuhkan satu dengan lainnya sehingga berimbas pada tidak maksimalnya roda pemerintahan.

Menurutnya, menjaga sinergisitas kemitraan merupakan keniscayaan yang tidak boleh dibantah, oleh karena itu menghadirkan jiwa besar dalam pengelolaan pemerintahan daerah sangat diutamakan.

Karena dengan lebih mendahulukan kepentingan kesejahteraan masyarakat ketimbang kepentingan pribadi egoisme/kelompok dan golongan menjadi faktor utama suatu daerah lebih cepat maju dan berdaya saing.

Baca Juga :  Sekda Kalteng Hadiri Launching Tim Reaksi Cepat Penindak Pelanggar Protokol Covid-19

Sugianto menambahkan, pemerintah daerah dan DPRD, harus saling menghargai. Boleh menyampaikan kritik, karena perbedaan pendapat hal yang biasa.

“Namun kritik harus disampaikan dengan baik, sesuai dengan norma. Untuk itu lah, penting bagi kita untuk membaca dan memahami berbagai peraturan perundang-undangan. Salah satunya, dalam hal pembahasan anggaran atau APBD”, imbuhnya.

Pada kesempatan ini ia berharap, pembahasan jangan sampai berlarut-larut atau bahkan bermasalah. Karena kalau sampai berlarut-larut atau bahkan mengalami keterlambatan, masyarakat yang akan terkena dampaknya. (ed/adv)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Harga Tiket Mahal, Pemprov Surati Pihak Maskapai

Pemprov Kalteng

Gubernur Sebut Pemindahan Ibu Kota Banyak Dampak Positifnya

Kotim

Gubernur Serahkan 50 Ribu Masker Untuk Dibagikan ke Warga Sampit

Pemprov Kalteng

Terjadi Lonjakan 17 Kasus Baru, Total Positif Covid-19 Kalteng Capai 223 Orang 

Pemprov Kalteng

Waduh, Dari 603 Ormas di Kalteng Hanya 98 yang Aktif

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilu

Pemprov Kalteng

Dispar Kalteng Gagas Penerapan Perpaduan K3

Pemprov Kalteng

BPBD Kalteng Ajak Komitmen Bersama Cegah Karhutla