Event Pameran Diharapkan Jadi Wadah Promosi Produk Lokal

Anggota DPRD Palanga Raya, Wahid Yusuf

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Event tahunan yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya seperti Palangka Raya Fair yang diselenggarakan beberapa waktu lalu diharapkan banyak membantu para pelaku usaha kecil untuk memasarkan sekaligus mempromosikan produk kerajinan tangan yang dihasilkan.

Palangka Raya Fair tersebut  diharapkan mampu menjadi penguatan Smart Ekonomi dalam upaya  mendongkrak daya saing  wirausaha millennial.

Hal ini diutarakan Anggota DPRD Palanga Raya, Wahid Yusuf. Menurutnya, harus diakui produk usaha kecil tidak  kalah dengan produk daerah lain. Meski demikian, kelemahannya hanya terletak pada kurangnya promosi dan pemasaran.

“Kerajinan tangan, seperti souvenir, ukir-ukiran maupun anyaman rotan ataupun hasil produk dari Getah Nyatu termasuk juga makananan dan minuman, semuanya  dihasilkan beragam oleh produksi rumah tangga ataupun UMKM,”ungkapnya Selasa (3/9/2019).

Wahid menjelaskan, produk lokal yang dihasilkan pelaku usaha tersebut, masih terkendala dalam promosi dan pemasaran.

“Maka itu saya katakan, even seperti Palangka Raya Fair ini, harus betul-betul menjadi sarana yang  efektif untuk memperkenalkan produk usaha lokal maupun UMKM yang ada di Kota Cantik,” ucapnya.

Ia juga menyayangkan, kalau sampai event Palangka Raya Fair yang saban tahunnya digelar tersebut, belum memberikan kontribusi terhadap pengembangan dunia usaha kecil lokal. Karena peran event ini membantu mempromosilan dan memasakan.

“Diharapkan, melalui event-event yang diselenggarakan  mampu mengundang daya tarik para pemilik modal besar untuk berinvestasi dalam membantu pengembangan sebuah produk usaha kecil. Intinya, bagaimana mendorong investor ataupun perbankan mamu membantu dalam pengembangan potensi produk unggulan yang dihasilakna pelaku usaha kecil,” tandasnya. (ed)