DTPHP Kalteng dan TNI Buka Posko Mitigasi

Kepala DTPHP Kalteng Ir. Hj.Sunarti saat memberikan keterangan kepada awak media Kamis (19/9/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Kalteng bekerjasama dengan Korem 102 Panju Panjung membuka posko mitigasi kekeringan khususnya pada lahan pertanian di wilayah Provinsi Kalteng.

Hal ini dilakukan guna menyikapi musim kemarau panjang yang menimbulkan kekeringan terutama pada lahan persawahan.

Kepala DTPHP Kalteng Ir. Hj.Sunarti mengatakan, posko ini tersebut dibangun di Kabupaten Barito Timur (Bartim).  Sementara di daerah-daerah yang masih ada sumber air diupayakan dengan kompanisasi untuk mengairi irigasi lahan pertanian.

“Kegiatan tersebut rencananya melibatkan Dinas PUPR Kalteng. Mereka nanti yang akan membangun sejumlah saluran irigasi maupun bendung untuk membantu mengairi irigasi agar petani tetap bisa bercocok tanam dan menghasilkan,”ungkap Sunarti kepada awak media Kamis (19/9/2019).

Disamping itu, lanjut dia, DTPHP Kalteng juga diberikan bantuan sarana dan prasarana, peralatan pertanian maupun program kerja dari Direktorat Sarana dan Prasarana Pertanian, karena memang kewenangan kami di saluran irigasi tersier dan kuarter bidang pertanian. (ed/adv)