DPRD Kobar Umumkan Tiga Unsur Pimpinan Dewan

Ketua Sementara DPRD Kobar Rusdi Ghozali disaksikan Wabup Ahmadi Riansyah dan Wakil Ketua Sementara Mulyadin saat menandatangani SK usulan penetapan unsur pimpinan dewan setempat saat digelar paripurna di DPRD Kobar Rabu (18/9/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengumumkan komposisi calon unsur pimpinan dewan yang diusulkan untuk lima tahun kedepan. Pengumuman ini disampaikan saat digelarnya Rapat Paripurna ke I Masa Sidang I Tahun 2019 di Aula DPRD Kobar Rabu (18/9/2019).

Rapat paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sementara Rusdi Gozali dan Wakil Ketua Semetara Mulyadin. Rapat tersebut juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah.

Rusdi Gozali mengatakan, unsur pimpinan DPRD berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Kobar, sebagaimana telah diatur di Pasal 164 ayat (2) UU Nomor 32 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Dari jumlah kursi terbanyak partai politik, inilah kita menentukan unsur pimpinan DPRD Kabupaten Kobar. Ada tiga partai politik yang memperoleh suara terbanyak hasil Pileg 2019 lalu, yakni urutan pertama adalah Partai Golkar sebanyak enam kursi, Partai PDI Perjuangan sebanyak enam kursi dan Partai Gerindra sebanyak enam kursi,”ungkap Rusdi Gozali kepada saat menyampaikan sambutannya.

Selanjutnya penetapan ketua dan wakil ketua DPRD Kobar memperhatikan surat dewan pimpinan cabang masing-masing partai yaitu Partai Golkar, PDI Perjuangan dan Gerindra perihal anggota DPRD yang akan duduk sebagai calon unsur pimpinan yakni Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kobar masa jabatan 2019-2024.

“Tiga nama calon unsur pimpinan DPRD Kobar di umumkan berdasarkan usulan nama dewan pimpinan cabang untuk posisi Ketua dari Golkar Rusdi Gozali, Wakil Ketua I dari PDI Perjuangan Mulyadin dan Wakil Ketua II dari Gerindra Bambang Suherman,”sebutnya.

Hasil keputusan DPRD tersebut disampaikan ke Bupati Kobar untuk diteruskan ke Gubernur Kalimantan Tengah guna diterbitkan Surat Keputusan Gubernur tentang unsur pimpinan definitif DPRD Kobar. Diharapkan proses tersebut tidak terlalu lama agar kedepan cepat membahas masalah rancangan peraturan daerah.

Baca Juga :  Dewan Dorong Aparat Tegas Terhadap Pelaku Karhutla

“Kalau semuanya lancar awal bulan Oktober bisa keluar SK penetapan unsur pimpinan DPRD Kobar definitif periode 2019-2024. Kita juga banyak yang di bahas, terutama pembasahasan Raperda APBD 2020 jangan sampai molor,” tandasnya.

Selain unsur calon pimpinan, pihaknya juga mengumumkan enam fraksi yang ada di Kobar. Dari enam fraksi ini, ada empat fraksi murni dan dua fraksi gabungan antar partai. Yang pertama Fraksi Golkar dengan jumlah enam orang yang di ketuai oleh Sutiyana, Fraksi PDI Perjuangan ada enam orang di ketuai oleh Alman Tian syah, Fraksi Gerindra ada lima orang di ketuai Rizky Aditya Putra.

Kemudian, Fraksi Nasdem ada empat orang di ketuai Prasyuda Aprianto, Fraksi Demokrat Karya Bangsa ada lima orang di ketuai oleh Musawer dan Fraksi PAN dan PKS ada empat orang yang di ketuai Tu slam Amirudin. (yus)