Dewan Minta Investor Turut Berperan Aktif Tanggulangi Karhutla

Anggota DPRD Kobar Irwan Budianur.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Anggota DPRD Kotawaringin Barat Irwan Budianur minta investor baik disektor perkebunan maupun pertambangan yang ada di Kabupaten Kobar untuk ikut berperan aktif menanggulangi kebakaran lahan dan hutan (karhutla) di wilayah Kabupaten Kobar.

“ Kebakaran hutan dan lahan  saat ini sangat memprihatinkan meskipun di Kabupaten Kobar sendiri masih tidak terlalu parah seperti di Kotim maupun di Palangka Raya. Namun, harus ada langkah yang telah diambil terutama peran para investor harus turut andil dalam mengawasi lahan di wilayah mereka beroperasi,”ungkap Irwan Budianur kepada Kalteng Ekspres.com Jumat (20/9/2019).

Menurut Irwan,  langkah penanggulangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng maupun kabupaten harus didukung dan dilaksanakan dilapangan guna mencegah semaksimal mungkin dampak kabut asap yang sudah semakin mengganggu kondisi kesehatan masyarakat.

“Tentu peran seluruh investor harus ada untuk melakukan pengawasan terhadap beberapa lahan yang ada disektor kerja operasi mereka sehingga dalam melakukan menekan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” ujar Irwan Budianur.

Ia juga mendukung Pemkab Kobar bersama TNI, dan Polri,  serta yang lain dalam melakukan pemadaman, namun hal ini harus didukung semua pihak. Tak hanya mengandalkan petugas gabungan masyarakat dan perusahaan juga harus terlibat. (yus)