Dewan Dorong Aparat Tegas Terhadap Pelaku Karhutla

Anggota DPRD Kobar Tuslam Amirudin saat memberikan keterangan kepada awak media, Jumat (6/9/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Maraknya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di willayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sehingga mengakibatkan kabut asap yang berdampak mengganggu kesehatan masyarakat, menuai tanggapan dari Anggota DPRD Kobar Tuslam Amiruddin. Ia  meminta aparat terkait untuk bersikap tegas terhadap oknum pelaku pembakar hutan dan lahan.

“Kalau kondisi  kabut asap ini terus berkepanjangan maka semua pihak terutama pemerintah daerah harus melakukan langkah antisipasi terkait dengan dampak negatif dari kondisi iklim seperti ini. Terlebih lagi, jika asapnya semakin pekat  tentu membayakan pernapasan anak-anak sehingga rawan terkena penyakit ISPA,”ungkap Tuslam kepada awak media, Jumat (6/9/2019).

Tuslam menjelaskan,  saat ini upaya sosialisasi kepada masyarakat agar jangan membakar lahan seenaknya,  selama musim kemaru terus digiatkan. Hal ini agar warga yang tinggal di daerah pelosok bisa mengetahuinya.

“Jangan sampai sosialisasi hanya dilakukan bagi warga yang ada diperkotaan. Sementara masyarakat di daerah pelosok tak terjamah,”ujarnya.

Tuslam menambahkan, jika kabut asap ini dibiarkan berlarut-larut maka menimbulkan ketidaknyamanan bagi semua pihak. Tak hanya dirasakan masyarakat di kota melainkan diperdesaan. Untuk itu ia mendorong aparat terkait untuk bersikap tegas menangkap oknum pelaku pembakar lahan, disamping itu mengimbau masyarakat agar menghentikan aktivitas membuka lahan dengan cara membakar. (yus)