Dewan Desak Segera Tetapkan Status Darurat Asap

Ketua Sementara DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto saat memberikan keterangan kepada awak media.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua Sementara DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya untuk segera menetapkan status darurat kabut asap.  Hal ini lantaran kondisi kabut asap di wilayah Kota Palangka Raya maka sudah semakin parah.

“Memang sudah semestinya ada peningkatan status Tanggap Darurat Asap, dengan begitu Pemerintah Kota akan segera menyiapkan banyak hal. Baik berupa posko kesehatan dan pelayanan kepada masyarakat yang terpapar kabut asap,” ungkapnya, Senin (16/9).

Menurut Sigit, dirinya belum mengetahui secara persis hal-hal atau kriteria apa saja yang bisa membuat pemkot dapat  segera menaikan status darurat asap tersebut.

“Ya, kalaupun memang mengacu banyak indikator, maka bisa secepatnya dipenuhi. Nanti saya akan segera berkoordinasi dengan walikota, “ujar politikus PDI Perjuangan ini.

Terlepas dari itu, lanjut Sigit, tentu semua pihak harus bisa memahami kondisi saat ini, terutama bagaimana pemerintah harus mengambil sebuah kebijakan strategis dengan penuh kehati-hatian.

“Kita tetap mendorong adanya peningkatan status darurat asap ini dengan cepat, sehingga pemerintah akan lebih cepat pula memainkan kepeduliannya dengan masyarakat, sehingga tidak banyak jatuh korban,” tandasnya. (ed)