Dewan Berharap Penumpang Maskapai Tak Panik Saat Kabut Asap

Anggota DPRD Kobar Erry Eryansyah saat memberikan keterangan kepada wartawan Kalteng Ekspres.com Jumat (13/9/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Kabut asap pekat yang menyelimuti kawasan Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar),Kalimantan Tengah berdampak mengakibatkan jadwal penerbangan sempat mengalami penundaan. Kondisi ini menuai respon dari Anggota DPRD Kotawaringin Barat (Kobar) Erry Eryansyah.

Ia mengakui, bahwa  kabut asap makin pekat terutama dipagi hari. Hal ini membuat beberapa maskapai mengalami penundaan pemberangkatan. Karena itu ia berharap penumpang jangan panik karena ini karena faktor alam akibat Karhutla.

“Akibat keterbatasan jarak pandang kabut asap, pilot harus menunggu agar jarak pandang aman untuk mendarat, pesawat mengalami delay atau keterlambatan mendarat diantara jam tersebut, hal ini ia alami saat menunggu kedatangan sang istri di bandara Iskandar Pangkalan Bun,” ungkapnya Kalteng Ekspres di ruang tunggu Bandara Iskandar Jumat (13/9/2019).

Ery sapaan akrabnya juga mengimbau agar masyarakat jangan membakar lahan, dampaknya sangat besar terhadap kesehatan maupun perekonomian masyarakat Kobar.

“Karena ini imbasnya akan merugikan kita semua,” ujar Ery.

Pada kesempatan ini ia juga mengapresiasi kepada tim Satgas Karhutla Kobar dan relawan yang bahu membahu memadam api di wilayah Kobar.

“Semoga bencana karhutla tidak berlarut-larut dan berkepanjangan, tentunya ini peran kita bersama untuk menanggulangi Karhutla,” tandas Erry. (yus)