Dekranasda Fokus Kembangkan Benang Bintik dan Anyaman Rotan

Ketua Dekranasda Provinsi Kalteng, Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya di kegiatan Raker Dekranasda Kalteng Sabtu (31/8/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dalam rangka mengangkat dan mengembangkan produk unggulan Kalimantan Tengah (Kalteng), seluruh kabupaten/kota diharapkan agar fokus mengembangkan produk Benang Bintik dan anyaman rotan atau dikenal dalam bahasa Dayak Menjawet.

“Ini merupakan salah satu point penting dalam program Dekranasda Kalteng,” ungkap Ketua Dekranasda Provinsi Kalteng, Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran pada acara pembukaan Rapat Kerja (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalteng di Ballroom Hotel Aquarius Sabtu (31/8/2019) sore.

Disamping itu lanjut Ivo, perlu adanya pemanfaatan informasi dan teknologi (IT) untuk pemasaran produk unggulan, agar para pelaku usaha kecil bisa memasarkan produknya hingga ke luar Kalteng dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Dirinya juga mengimbau kepada Dekranasda Kabupaten/Kota di Kalteng untuk bisa mengirimkan produk-produk unggulan terbaik di daerahnya untuk bisa disimpan di display di Central Borneo Souvenir (CBS) jalan Diponegoro Palangka Raya sehingga memiliki nilai tambah dan daya saing yang tinggi.

“Mengingat komitme Pemprov Kalteng dalam hal ini Gubernur Kalteng agar para perajin ini memiliki tempat showroom yang representatif dan strategis untuk memajang maupun menjual produk unggulannya dan menarik minat para wisatawan atau pengunjung yang datang ke Palangka Raya,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa Dekranasda juga memiliki visi melestarikan nilai budaya yang tercermin dalam produk kerajinan melalui program pembinaan, pelatihan dan pemasaran melalui promosi hasil kerajinan daerah dengan mengikutsertakan para perajin dalam berbagai event pameran dalam maupun luar negeri. (ed/adv)