Cegah Karhutla, Polsek Dusun Hilir Gencar Sosialisasi

Anggota Polsek Dusun Hilir saat memajang spanduk sosialisasi bersama warga ketika poto bersama Rabu (11/9/2019).

BUNTOK, KaltengEkspres.com – Untuk meminimalisir bencana kabut asap akibat karhutla, berbagai upaya terus dilakukan Polsek  Dusun Hilir Polres Barito Selatan (Barsel). Salah satunya dengan melakukan sosialisasi keseluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan yaitu pencegahan pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan juga memberikan maklumat Kapolda Kalteng Nomor: Mak/1/V/2019, tentang larangan untuk tidak membuka hutan atau lahan dengan cara membakar dan ancaman hukumannya.

Kapolres Barsel AKBP Wahid Kurniawan SIK melalui Kapolsek Dusun Hilir Ipda Susanto mengatakan, kegiatan sosialisasi ini rutin dilaksanakan ke semua lapisan masyarakat. Tujuannya guna memantau dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta memberikan sosialisasi ke masyarakat bahwa karhutla masih menjadi masalah bagi semua.

Mengingat, dampak Karhutla sangat  merugikan banyak hal baik dari segi kesehatan seperti dapat menimbulkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) dan segi lainnya.  Untuk itu pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak membakar lahan dan hutan dengan sembarangan.

“Harapan kami tentu saja agar masyarakat paham dan mengerti bahaya Karhutla ini, dan akhirnya bisa menekan jumlah Karhutla yang terjadi di Barsel ,” tandasnya. (rif)