Cegah ISPA, Warga Diimbau Pakai Masker

Camat Murung Banjang Jalin saat poto bersama dengan aparatur desa dan DPMD Mura seusai kegiatan sosialisasi Pilkades Serentak belum lama ini.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Camat Murung Banjang Jalin mengimbau kepada seluruh warga yang tinggal di sejumlah desa/kelurahan di Kecamatan Murung agar menggunakan masker saat beraktifitas keluar rumah siang hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah bertambahnya jumlah penderita penyakit inspeksi saluran penapasan akut (ISPA) di wilayah Kecamatan Murung. Pasalnya, belakangan terakhir penderita ISPA di Kecamatan Murung benyak ditemukan.

“Kita turut prihatin atas banyaknya jumlah penderita ISPA belakangan ini di Kecamatan Murung. Untuk mencegah agar tidak bertambahnya penderita, saya mengimbau warga yang tinggal di sejumlah desa/kelurahan di Kecamatan Murung memakai masker saat beraktifitas keluar rumah,”ungkap Banjang Jalin Minggu (22/9/2019).

Camat yang akrab disapa Banjang ini juga mengajak kepada seluruh warga Kecamatan Murung untuk ikut terlibat melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah kecamatan setempat, dengan menjaga lingkungan masing-masing dari kejadian karhutla, kemudian tidak melakukan aktivitas membakar sampah atau membuka lahan dengan cara membakar selama kemarau.

“Hal ini supaya karhutla bisa kita cegah bersama-sama. Tanpa harus saling menyalahkan, karena dampaknya akibat karhutla ini dirasakan semua warga, seperti terjadinya kabut asap ini. Karena itu lah perlu kebersamaan dalam melakukan antisipasi dan penanggulangan,”tandasnya. (an/hm)