Camat Murung Cek Kesiapan Administrasi Tata Batas Desa

Camat Murung Banjang Jalin saat meninjau Desa Muara Jaan Minggu (1/9/2019).

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Camat Murung Banjang Jalin mengunjungi Desa Muara Jaan Kecamatan Murung Minggu (1/9/2019). Kunjungan orang nomor satu di Kecamatan Murung ini dalam rangka mengecek kesiapan administrasi tata batas antar desa, karena dianggap sangat penting untuk mengantisipasi berbagai macam indikasi sengketa lahan.

“Persiapan administrasi tata batas antar desa ini dilakukan karena dalam waktu dekat ini akan digelar rapat dari setiap kepala desa yang akan membahas tata batas desa khususnya desa yang berbatasan lansung dengan Desa Muara Jaan,”ungkap Banjang Jalin kepada Kalteng Ekspres.com Minggu (1/9/2019).

Sejauh ini lanjut dia, persiapan Desa Muara Jaan dalam bentuk dokumen sudah lengkap tinggal menunggu beberapa hal yang masih menjadi kendala pembenahan tata batas. Lantaran saat ini masih dalam proses.

Kegiatan rapat membahas tata batas tersebut  tambah Banjang Jalin, agar mengetahui lebih jelas serta melihat lebih jauh kondisi batas antar wilayah desa dengan desa lainnya, sehingga pelaksanaan roda pemerintahan baik itu di kecamatan maupun di desa dapat berjalan tertib administrasi.

“Setidaknya dengan adanya kepastian batas wilayah masing-masing akan meminimalisir terjadinya kesalahan pemberian pelayanan administrasi kepada masyarakat seperti pelayanan pertanahan dan kependudukan,” jelasnya.

Maka dari itu, Kecamatan Murung sendiri terus melakukan monitoring agar pembahasan terkait tata batas di Desa Muara Jaan segera terselesaikan. (ari)