BPN Kalteng Dorong Pemda Selesaikan RTRW dan RDTR

Kepala BPN Kalteng Drs Pelopor bersama Sekda Kalteng Farizal Fitri dan unsur SKPD terkait saat memencet tombol pada kegiatan memperingati Hari Agraria di halaman Kantor BPN Kalteng Selasa (24/9/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dalam hal penataan ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional terus mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk segera menyelesaikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) guna memberikan kepastian hukum bagi masyarakat dan para investor dalam berusaha.

“Disamping itu, terus mengembangkan layanan online bidang tata ruang dengan nama GISTARU (Geographic Information System Tata Ruang),” ungkap Menteri Agraria dan Tata Ruang RI dalam sambutannya dibacakan, Kepala Kanwil ATR/BPN Provinsi Kalteng, Drs. Pelopor, M.Eng.,Sc pada Upacara Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2019 di Kanwil BPN Provinsi Kalteng, Selasa (24/9/2019).

Acara ini juga dihadiri antara lain oleh Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, S.Hut.
M.A.P, Kepala Disnakertrans Kalteng Ir. Rivianus Syahril Tarigan, M.A.P.

Dijelaskannya, saat ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional sedang menyusun Rancangan Undang-Undang Pertanahan yang diharapkan dapat menyempunakan aturan pertanahan yang sudah ada dan memberikan kepastian
hukum yang lebih baik.

“Sehingga dapat menjadi payung hukum bagi perbaikan layanan pertanahan yang maju dan modern”, ujarnya.

Semoga lanjut dia, Rancangan Undang Undang (RUU) tersebut dapat diselesaikan secepatnya.”Kami optimis sesuai dengan Visi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Tahun 2025 menjadi institusi pelayanan berstandar dunia akan terwujud dengan target seluruh bidang tanah terdaftar dan digitalisasi seluruh
arsip dan warkah selesai,” tandasnya. (ed)