BNNK Kobar Musnahkan Barbuk Sabu Dipasok dari Malaysia

Petugas BNNK Kobar bersama Kejari dan PN Pangkalan Bun sedang memusnahkan barbuk sabu di Kantor BNNK Korbar, Selasa (24/9/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kotawaringin Barat (Kobar), memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu, dengan cara dilarutkan ke dalam ember berisi air dicampur cairan pembersih lantai. Kegiatan pemusnahan barbuk sabu senilai Rp 95 juta ini, dilakukan di depan Kantor BNNK Jalan Pakunegara Kecamatan Arsel, Kabupaten Kobar, Selasa (24/9/2019).

Pemusnahan ini dipimpin langsung Kasi Pemberantasan Narkoba BNNK Kobar Kompol Didit Chunriatno bersama perwakilan dari Pengadilan Negeri Pangkalan Bun dan Kejari Kobar.

“Pemusnahan ini dilakukan agar semua pihak mengetahui bahwa tidak ada penyalahgunaan atas barbuk yang disita dari tersangka. Karena itu usai proses pemeriksaan tersangka dianggap cukup, maka barbuk langsung kita musnahkan,” ungkap Didit kepada awak media.

Ia menjelaskan, sabu yang dimusnahkan ini seberat 59 gram, jika diuangkan senilai lebih dari Rp 90 juta. Usai kegiatan pemusnahan ini, lanjut dia, berkas perkara segera dilimpahkan ke Kejari Kobar untuk selanjutnya disidangkan.

Untuk diketahui, barbuk sabu yang dimusnahkan ini hasil giat pengungkapan kasus terhadap oknum pengedar jaringan antarnegara yang mamasok sabu dari Malaysia hendak dibawa ke Kabupaten Kotim berinisial S. Namun saat memasuki wilayah Kobar tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Km 79 Desa Amin Jaya, pada tanggal 10 September lalu, pelaku berhasil diringkus.

Akibat ulahnya ini, tersangka S dijerat Pasal 114 KUHP tentang narkoba dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara. (yus)