BMKG Prediksi Curah Hujan Mulai Terjadi Akhir September

Kepala BMKG Pangkalan Bun Slamet Riyadi saat memberikan keterangan kepada awak media, Senin (23/9).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), memprediksi potensi curah hujan mulai terjadi di wilayah Pangkalan Bun minggu terakhir bulan September 2019 ini.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala BMKG Pangkalan Bun Slamet Riyadi. Slamet menjelaskan, sebenarnya potensi turunnya hujan tersebut dimulai sejak hari ini. Namun diprediksi sekitar tanggal 26 September hingga akhir bulan, potensi pembentukan awan lebih bagus.

“Untuk hari ini di radar cuaca memang terpantau adanya potensi hujan ringan tidak merata pada siang hari,” ungkapnya kepada awak media, Senin (23/9/2019).

Ia menjelaskan, faktor belum terjadinya hujan saat ini karena pertemuan angin. Sehingga membuat awan selalu berpindah. Disamping itu pada satelit pemantau di beberapa wilayah di Kalimantan, sebelah barat terdapat awan pembentuk hujan, di wilayah Kalimantan bagian barat, terdapat faktor yang menjadi  pertumbuhan awan hujan.

“Diprediksi potensi  hujan yang merata akan terjadi pada pertengahan bulan Oktober dengan intensitas ringan. Sedangkan  perubahan dari musim kemarau ke musim hujan dimulai pada pertengahan bulan Oktober,” terang Slamet.

Kendati demikian, lanjut Slamet, hujan yang terjadi beberapa hari ke depan masih tergolong tidak merata atau yang biasa dikenal dengan hujan lokal. (yus)