Bakar Lahan, Warga Barsel Ditangkap Polisi

Anggota Polres Barsel saat meninjau lokasi karhutla yang dibakar pelaku.

BUNTOK, KaltengEkspres.com – Jajaran Polres Barito Selatan (Barsel) tak ada kompromi terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan (karhutla) wilayah Barsel.

Hal itu, dibuktikan dengan kembali menangkap seorang warga bernama Ronald Friensen (35) warga Sababilah. Oknum warga ini ditangkap karena ke dapatan melakukan pembakaran hutan dan lahan di daerah Desa Sababilah, Senin (23/9/2019).

Kapolres Barsel AKBP Wahid Kurniawan SIK melalui Kasat Reskrim AKP Triyo Sugiono SH  menerangkan, saat melakukan patroli karhutla pada Senin (23/9/2019) sekitar pukul 10.00 wib di Jalan TMMD Rt.04 Desa Sababillah, Kecamatan Dusun Selatan, pihaknya menemukan warga yang kedapatan melakukan pembakaran lahan.

“Setelah memastikan pelaku yang melakukan tindakan pembakaran, kita lalu mengamankan pelaku dan membawanya ke mapolres Barsel untuk proses hukum lebih lanjut,” kata Triyo kepada Kalteng Ekspres.com senin (23/9/2019).

Setelah diamankan, pelaku mengakui bahwa dirinya hanya berniat membakar rumput ilalang kering diperkarangan rumahnya.

“Namun api menjadi membesar dan tak terkendali akibat ditiup angin, sehingga api menjalar dan membakar hutan dan lahan seluas kurang lebih  6 (enam) hektar,” katanya.

Selain melarang wargauntuk tidak membakar lahan dan hutan,  lanjut dia, pihaknya juga berterima kasih kepada tim gabungan Karhutla Barsel yang begitu sigap  memadamkan api.

“Untung tim gabungan bergerak cepat menjinakan api, sehingga tidak sempat menjalar kepemukiman warga,” tandasnya. (rif)