Bakar Lahan Kosong, Warga Seruyan Ditangkap Polisi

Pelaku saat diamankan di Mapolres Seruyan Minggu (8/9).

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Untuk kesekian kalinya, jajaran kepolisian menangkap seorang pelaku pembakar lahan di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng). Kali ini pelaku pembakar lahan yang ditangkap seorang warga Trans Unit V Tanggul Harapan Desa Pematang Limau Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan berinisial ES (34). Ia ditangkap saat kedapan membakar lahan miliknya sendiri Sabtu (7/9/2019) sekitar pukul 12.30 WIB.

Kapolres Seruyan AKP Ramon Zamora melalui Kasat Reskrim Polres Seruyan Iptu Wahyu S. Budiharjo mengatakan,  pelaku ini ditangkap berawal saat anggota melakukan patroli, kemudian melihat kepulan asap dari kejauhan. Selanjutnya, anggota mendatangi lokasi dan menemukan pelaku sedang membakar lahan seluas 20×5 meter miliknya sendiri. Saat itu juga pelaku ini langsung diamankan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Dari tangan pelaku ini kami berhasil mengamankan satu buah korek api gas dan 1 buah parang. Saat ini yang  bersangkutan telah diamankan di Mapolres Seruyan,”ungkap Wahyu dalam rilisnya Minggu (8/9/2019).

Pada kesempatan ini ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka atau membersihkan lahan dengan cara dibakar, karena bisa menyebabkan kebakaran lahan yang meluas sehingga menyebabkan kabut asap.

“Siapa saja yang terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan, maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” tandasnya. (ar/hm)