75 PSK di Katingan Dipulangkan ke Daerah Asal

Bupati Katingan Sakariyas saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada beberapa PSK Senin (23/9/2019).

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Sedikitnya 75 orang Pekerja Seks Komersial (PSK) yang berada di wilayah Kabupaten Katingan dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing.
75 PSK yang dipulangkan ini berasal dari dua tempat, yaitu Pal 19 yang berada di Kereng Pangi Kecamatan Katingan Hilir sebanyak 44 orang, kemudian kawasan Bukit Tenjek, Kecamatan Katingan Tengah sebanyak 31 orang.

Sebelum dipulangkan, para PSK yang menghuni lokalisasi itu, juga diadakan deklarasi tak kembali lagi dan pemberian bantuan yang langsung diserahkan oleh Bupati Katingan Sakariyas, di Aula Gedung Salawah Kasoangan, Senin (23/9/2019).

“Rencana pembebasan lokalisasi prostitusi di Katingan sudah mulai berjalan sejak tahun 2018 lalu, namun karena keterbatasan anggaran barulah pada tahun 2019 bisa dilaksanakan,”Ujar Bupati Katingan Sakariyas, saat menyampaikan sambutannya.

Sakariyas menjelaskan, pembebasan sekaligus pembulangan terhadap PSK di lokalisasi prostitusi ini sebagai wujud dukungan pemerintah daerah terhadap keputusan pemerintah pusat, bahwa Indonesia bebas lokalisasi prostitusi tahun 2019.

“Karena itu kita berharap, para PSK yang telah di pulangkan tak kembali lagi ke Katingan, dengan membangun kehidupan di daerah asalnya,”tandas Sakariyas. (ejk)