34 Perusahaan Swasta Buka Lowongan Kerja di Palangka Raya

Kegiatan Job Fair 2019 saat dibuka secara resmi Rabu (25/9/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker)Kota Palangka Raya kembali menyelenggarakan Job Fair 2019 selama dua hari, terhitung sejak tanggal 25 – 26 September 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Disnaker setempat, dibuka langsung oleh Staf Ahli Walikota bidang Ekonomi dan Pembangunan, Drs Murni Djinu mewakili Walikota Palangka Raya, Fairid Nafarin, Rabu (25/9/2019).

Dalam Job Fair ini sebanyak 34 perusahaan swasta membuka lowong kerja bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.

Staf Ahli Walikota, Drs Murni Djinu mengatakan, jumlah perusahaan yang ikut Job Fair ini tercatat sebanyak 34 Perusahaan dengan 103 jenis jabatan. Sedangkan sasaran utamanya adalah pencari kerja dan masyarakat.

“Permasalahan mengenai kesempatan kerja ini menjadi semakin penting dan mendesak, karena pertumbuhan angkatan kerja yang lebih cepat dari pada pertumbuhan kesempatan kerja yang tersedia,”ungkapnya.

Dijelaskannya, bahwa masalah pengangguran yang terjadi di Indonesia selama ini, disebabkan oleh adanya ke tidak seimbangan antara persediaan dan kebutuhan tenaga kerja baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang dibutuhkan pasar kerja.

“Dimana jumlah pencari kerja setiap tahun semakin meningkat, sedangkan jumlah lowongan kerja yang tersedia sangat sedikit sehingga terjadi kesenjangan dalam penempatan tenaga kerja,” terangnya.

Berdasarkan uraian tersebut diatas, lanjut dia, maka perlu suatu upaya dari pemerintah daerah untuk menyediakan suatu ruang terintergrasi antara pencari kerja dan pemberi kerja. Salah satu upaya dari penyelenggaraan kegiatan Pameran Kesempatan Kerja ini. (ed)