Yulistra Ivo Ajak Gerakan Pramuka Berkontribusi

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.comKetua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah  Yulistra Ivo Sugianto Sabran menekankan perlunya koordinasi untuk meningkatkan peran serta Pramuka dalam pembangunan daerah. Hal ini diungkapkannya saat membuka Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Rabu (29/8/2019).

Menurutnya, rapat kerja kali ini merupakan pertama kali bagi kepengurusan Kwartir Daerah gerakan Pramuka Kalimantan Tengah, tentu pertemuan perdana ini mempunyai peran penting untuk menentukan langkah perkembangan Gerakan Pramuka di seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

“Sadar atau tidak sadar, Gerakan Pramuka dalam mewujudkan visi dan misinya harus membayangkan betapa besar tantangan yang harus dihadapi. Namun dengan jiwa dan semangat kepramukaan, jiwa kegotong royongan maka kemitraan dengan berbagai komponen bangsa merupakan strategi dan sebagai syarat utama mewujudkan cita-cita tersebut,”kata Ivo sapaan akrabnya.

Gerakan Pramuka lanjut dia, merupakan kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, dan membina semangat kebersamaan. Disamping itu, Gerakan Pramuka menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak, memiliki jiwa bela negara, dan berkarakter.

“Karena itu mari kita arahkan gerakan ini dalam rangka turut berkontribusi membangun daerah,”tandasnya. (as/hm)