Wanita Perlu Penguatan SDM Berkarakter

Ketua Komisi C Hj Mukarramah

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Sesuai dengan tema perayaan HUT kemerdekaan tahun ini, SDM Unggul Indonesia Maju, maka penguatan sumber daya manusia (SDM) kaum wanita yang berkarakter dan mampu bersaing harus turut kita perhatikan. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan sumberdaya yang kita miliki dengan maksimal.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Hj. Mukarramah mengatakan, bahwa kaum wanita pada saat ini dengan kemerdekaan yang telah diraih serta dukungan bangsa dalam kesetaraan gender, sangat berpengaruh kepada peran kaum hawa dalam mengisi kemerdekaan.

“Mungkin pada saat sebelum kemerdekan, peran wanita pasti sangat terbatas dalam membantu serta mendukung suami dan para pejuang. Namun yang patut kita syukuri, saat ini akses teknologi dan sarana prasarana sudah memadai dan memungkinkan bagi wanita untuk  berkembang. Negara kita juga sudah mendukung kesetaraan hak wanita dan pria,” katanya, Jumat (23/8/2019).

Menurutnya, sudah merdekanya bangsa ini dalam segala bidang, maka turut membuka peluang bagi para wanita Indonesia untuk berkembang, baik berkembang dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, pembangunan, kesenian dan sebagainya.

Menjadi salah satu pondasi dalam meningkatkan SDM bagi kaum wanita, adalah melalui pendidikan. Dengan semakin membaiknya kualitas dan meratanya pendidikan bagi anak-anak penerus bangsa, khususnya wanita, akan membuat mereka tak lagi dipandang sebelah mata.

“Jika kita berpendidikan dan tak berhenti di tengah jalan, hal itu tentu akan bisa membantu pemerintah serta kita mampu berbuat banyak bagi pembangunan Kota Palangka Raya. Dengan terbuka lebarnya  peluang dan kemajuan teknologi sekarang, sudah tak menutupi kemungkinan semua individu bisa berkarya,” tandas Mukarramah. (ed)