Wabup Mura Minta Agar Ada Satu Icon Makanan Lokal Andalan

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Wakil Bupati Murung Raya (Mura) Rejikinoor sangat menyambut baik kegiatan Festival Pangan Lokal yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Mura. Bahkan dirinya mengapresiasi sejumlah peserta yang mengikuti kegiatan, karena telah menyajikan hidangan menarik minat dewan juri baik itu dari segi rasa maupun kreatifitas hidangan yang berbahan baku lokal.

Pada kesempatan itu pula saat membuka kegiatan festival pangan lokal tersebut Rejikinoor minta agar dari ada dari salah satu makanan yang harus menjadi icon atau andalan yang melekat pada Kabupaten paling utara di Kalimantan Tengah (Kalteng) ini.

“Kita hingga saat ini belum ada makanan khas yang menjadi menu andalan ditempat kita, saya rasa ini harus dipikirkan terlebih sumber pangan kita juga banyak yang bisa diolah dan dibina dengan benar sehingga ketika adanya kegiatan besar seperti HUT Mura dan lainnya bisa ditampilkan,” ujar Rejekinoor.

Karena menurut dia, dengan terlaksananya festival pangan lokal ini bisa menjadi ruang bagi peserta dalam menampilkan makanan yang bisa menjadi ciri khas dan dilakukan pembinaan kedepan dan dipromosikan dengan benar.

“Jadi siapa saja yang menjadi juara serta apa kuliner pangan lokal yang mempunyai daya tarik tersendiri bisa dilakukan pembinaan sehingga pengembangan pangan lokal tidak hanya terjadi ketika festival ini berlansung saja,” tandasnya. (ari)