Wabup Ajak Semua Pihak Tanggulangi Karhutla

Wabup Mura Rejikinoor saat memimpin apel siaga karhutla Kamis (8/8/2019).

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Wakil Bupati (Wabup) Murung Raya Rejikinoor mengajak semua pihak, baik dari pemerintahan, instansi terkait dan swasta serta masyarakat agar mensukseskan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) diwilayah Kabupaten Murung Raya (Mura).

“Kebakaran hutan dan lahan ini bukan hanya berdampak negatif terhadap kesehatan masyarakat, tetapi juga berdampak pada perekonomian masyarakat dan tentu saja melepaskan emisi karbon (CO2) ke udara, mengakibatkan masalah perubahan iklim, yakni timbulnya kabut asap,”ungkap Rejikinoor seusai memimpin apel siaga karhutla Kamis (8/8/2019).

Untuk itu lanjut dia, semua pihak agar sungguh-sungguh mencermati dan seksama dalam melakukan penanggulangan karhutla, serta dapat memahami bahwa antisipasi bencana diperlukan upaya kesiapsiagaan dan pencegahan dini dalam penanggulangan bencana yang terencana, terpadu dan menyeluruh dengan melibatkan semua potensi daerah yang ada sangat diperlukan.

Hal ini dalam rangka mensukseskan program penanggulangan karhutla di wilayah Mura sehingga berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

“Intinya dalam melakukan penanggulangan ini tidak bisa sepenuhnya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah, melainkan perlu keterlibatan masyarakat didalamnya,”tandas Kinoi sapaan akrabnya. (an/hm)