Tingkat Partisipasi Pemilih Kalteng Tertinggi Nasional

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalteng merilis, bahwa tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 17 April 2019 lalu, di Provinsi Kalimantan Tengah tertinggi dari rata-rata nasional 7,9 ke atas.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Provinsi Kalteng, Harmain Ibrohim pada acara Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 di ballroom Hotel Aquarius, Rabu (7/8/2019).

Acara ini mengundang pemerintah daerah, bawaslu, KPU kabupaten/kota, kepolisian,  partai politik,  media cetak maupun elektronik, Komisi Penyiaran dan LSM.

Harmain mengatakan, yang dihasilkan dari kegiatan evaluasi ini akan mengumpulkan rekomendasi, dimana nantinya KPU akan meminta kepada para stakeholder untuk memberikan informasi terkait pelaksanaan kampanye pemilu 2019.

“Hal ini juga merupakan bagian dari rekomendasi KPU RI kepada pemerintah daerah dan DPRD terkait evaluasi, untuk tahun 2024, apakah fasilitasi kampanye ini bentuk masih seperti ini pada Pileg dan Pilpres lalu atau bagaimana”, ujarnya.

Sekarang lanjut dia, fasilitas kampanye, bentuknya berupa alat peraga kampanye (APK). KPU di setiap tingkatan dari KPU RI hingga daerah provinsi Kalteng dan kabupaten/kota mengadakan atau mencetak APK seperti baliho, spanduk, umbul-umbul dan lain sebagainya untuk peserta pemilu.

KPU juga memfasilitasi iklan di media cetak dan eletronik dengan ketentuan-ketentuan tartentu, disamping itu pihaknya juga memberikan penghargaa kepada peserta pemilu.

“Hasil evaluasi ini akan disampaikan ke KPU RI, apakah bantuk fasilitasi yang diberikan tersebut masih digunakan seperti ini,  atau ada bentuk lainya pada Pemilu 2024 mendatang. Kalau memang fasilitasi ini efektif atau tidak, kalau afektif akan diteruskan dan jika tidak tentu diganti dengan bantuk lain,” tandasnya. (ed)