Tak Perlu Takut Kartu JKN-KIS Ketinggalan, Karena Ada Mobile JKN

Mahdalena saat memperlihatkan kartu JKN-KIS miliknya.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com– Kemudahan untuk mengakses layanan publik sangat dibutuhkan oleh masyarakat di era revolusi industri seperti saat ini. Dengan tuntutan kebutuhan yang ada di masyarakat, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah mengembangkan inovasi dalam bentuk aplikasi pada smartphone yang bernama Mobile JKN.

Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan dan informasi tentang program JKN-KIS.  Hanya dengan aplikasi Mobile JKN, semua kebutuhan masyarakat tentang program JKN-KIS ada dalam genggaman.

Seperti yang diutarakan seorang peserta program JKN-KIS dari segmen peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) bernama Mahdalena (39). Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya aplikasi Mobile JKN di smartphone yang ia miliki.

Menurutnya, dengan layanan program JKN-KIS yang dikemas melalui aplikasi pada smartphone, ia tidak perlu lagi takut apabila tidak membawa kartu ketika berobat.

“Sekarangkan ada KIS Digital di aplikasi Mobile JKN. Saya jadi merasa tenang ketika berobat meskipun tidak membawa dompet dan kartu fisik JKN-KIS. Kalau dulu mau berobat harus nyari-nyari dulu KIS untuk dibawa berobat. Karena kalau tidak bawa kartu pasti diminta kembali lagi untuk menunjukan kartunya,”ungkapnya.

Kalau sekarang, lanjut dia, mau dompet atau KIS-nya ketinggalan, tak perlu lagi khawatir disuruh pulang untuk mengambil kartu. Asal handphone dibawa maka untuk mengetahui kepesertaan, tinggal mengecek melalui aplikasi Mobile JKN.

“Jaman sekarang, handphone gak akan lepas dari tangan. Gak perlu takut KIS ketinggalan, kan ada Mobile JKN,” ujar Mahdalena.

Ibu rumah tangga ini pun bertekad untuk menginformasikan kemudahan-kemudahan yang ada dalam aplikasi Mobile JKN kepada sanak saudaranya. Karena dengan men-download aplikasi Mobile JKN di smartphone, masyarakat dapat mengakses berbagai informasi dan layanan seputar program JKN-KIS.

Baca Juga :  Dua Komplotan Copet Diringkus Polsek Pahandut

“Saya akan bagikan informasi tentang Mobile JKN ini kepada saudara-saudara saya yang ada di rumah agar mereka download aplikasi Mobile JKN. Jika perlu tetangga-tetangga saya pun akan saya informasikan supaya kalau mau urus tentang kepesertaan program JKN-KIS tidak perlu lagi dating kekantor BPJS Kesehatan. Apalagi di aplikasi Mobile JKN ini ada fitur untuk pengecekan data melalui NIK, sehingga bisa tahu apakah datanya aktif atau tidak,” imbuh Mahdalena. (adv)