Sigit K Yunianto Jabat Ketua Sementara DPRD Kota

30 anggota DPRD Kota Palangka Raya terpilih saat poto bersama Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Wali Kota Fairid dan Wakil Wali Kota Umi Mastikah seusai pelantikan Rabu (14/8/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Sigit K Yunianto terpilih kembali menjadi Ketua Sementara DPRD Kota Palangka Raya dan Subandi, S. Sos sebagai Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Palangka Raya. Keduanya ini dipilih saat Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji anggota DPRD kota Palangka Raya masa jabatan 2019 – 2024 di Aula gedung DPRD Kota Palangka Raya, Rabu (14/8/2019).

“Terpilihnya Sigit K Yunianto menjadi Ketua Sementara DPRD Kota Palangka Raya dan Subandi, S. Sos sebagai Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Palangka Raya ini berdasarkan Undang-Undang Pemerintah Daerah No 23 tahun 2014, yakni sebelum terbentuk unsur pimpinan DPRD kabupaten/kota, maka dipimpin oleh pimpinan sementara,” ungkap Sekretaris Dewan (Sekwa) DPRD Kota Palangka Raya, Siti Masmah kepada awak media, seusai Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Rabu (14/9/2019).

Menurutnya, pimpinan DPRD sementara ini hanya dijabat satu orang ketua dan satu orang wakil ketua berasal dari dua partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua. Dimana Perolehan suara sah terbanyak adalah dari PDIP 6 kursi dengan suara sah 25.124 dan Golkar 6 kursi dan suara sah 20.197.

Sehingga susunan pimpinan sementara DPRD Kota Palangka Raya sesuai perolehan kursi partai politik peserta Pemilu 2019 anggota DPRD Kota Palangka Raya adalah Sigit K Yunianto sebagai Ketua Sementara DPRD Kota Palangka Raya dan Subandi, S. Sos sebagai Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Palangka Raya.

Ketua Sementara,  Sigit K Yunianto mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada Partai PDI Perjuangan dalam hal ini Ketua DPC PDI Perjuangan, Nenie Andriaty Lambung masih memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi pimpinan sementara.

Pihaknya juga berterimaksih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Kota Palangka Raya yang telah berpartisipasi dalam pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019, serta memberikan kepercayaan untuk mengemban amanah untuk membangun Kota Palangka Raya.

Baca Juga :  Dewan Minta Pelayanan Kesehatan Ditingkatkan

“Tak luka juga terimakasih kepada wali kota dan jajarannya yang selama 5 tahun berlalu, selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan baik dalam menjalankan roda pemerintahan,”ungkap Sigit kepada awak media.

Pada kesempatan ini ia juga mengharapkan, agar seluruh anggota dewan yang baru dilantik agar menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Karena tugas yang diemban ini tidak ringan, tapi cukup berat. Lantaran di era pemerintahan saat ini setiap tahun proses dan sistem politik yang berbeda, sehingga memgharuskan berhati-hati dan cermat dalam menjalankan tugas.

Ia berpesan lembaga DPRD ini harus kompak, tidak usah melihat dari partai mana. Namun yang paling penting bagaimana menjalankan amanah yang diberikan masyarakat ini supata bisa dijalankan bersama-sama dalam mengisi pembangunan di Kota Palangka Raya. (ed)