Selama Kemarau, Masyarakat Diimbau Waspada Diare dan Ispa

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seruyan Mahidiansyah mengimbau masyarakat Kabupaten Seruyan agar mewaspadai  penyakit diare dan inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang menyerang satu komponen saluran pernapasan bagian atas, meliputi hidung, sinus, faring, dan laring.

“Bagian sistem pernapasan tersebut akan mengarahkan udara yang terhirup dari luar ke trakea dan akhirnya ke paru-paru di mana respirasi berlangsung,”ungkapnya kepada awak media, baru-baru ini.

Dirinya meminta masyarakat agar tetap waspada terhadap penyakit diare dan Ispa. Terutama disaat musim kemarau ini, karena asap bekas kebakaran lahan baunya sangat menyengat, sehingga tetap waspad

“Sebenarnya banyak cara mencegahnya, terutama mengurangi aktivitas diluar rumah pada saat terjadi tebalnya kabut asap, pada pagi dan sore hari. Yakni saat berkendaran dianjurkan menggunakan penutup hidung atau masker, paling tidak mencegah asap yang dapat terhirup suatu ketika ketika berkendara,” tandasnya. (er/hm)