RSUD Doris Sylvanuas Rawat 70 Orang Pasien ISPA

Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya Yayu saat memberikan keterangan kepada awak media Senin (19/8/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Sejak sensus yang dilakukan oleh RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya pada Juni-Agustus 2019, jumlah pasien penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) yang ditangani di rumah sakit setempat mencapai 70 orang pasien.

“Betul terjadi peningkatan pasien ISPA, dan yang membuat kaget, melihat sensus harian kami di bulan Juni – Agustus jumlah pasien meningkat menjadi 100 persen”, ungkap Direktur RSUD Doris Sylvanus, Yayu Indriaty kepada awak media, Senin (19/8/2019).

Menurutnya, 70 orang pasien ISPA yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus tersebut kebanyakan rawat jalan. Saat ini rumah sakit Doris telah membuka rumah oksigen bagi pasien penderita sesak nafas akibat kabut asap.

Rumah Oksigen ini sudah dibuka sejak seminggu yang lalu, disana disediakan sebanyak 5 bet untuk pasien, dan buka selama 24 jam di gedung baru Instalasi Kesehatan Reproduksi (IKR) lantai dasar.

“Jadi begitu ada masyarakat yang mengalami sesak nafas segera datang ke rumah oksigen di RSUD Doris Sylvanus. Tidak hanya itu, kami juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi untuk menyediakan rumah oksigen di Dinas Sosial, Rumah Singgah Poncowati, kemudian di dibandara juga ada rumah oksigen dan tim ambulance keliling ke posko-posko untuk pengobatan tenaga pemadam kebakaran,” tandasnya. (ed)