Ratusan Pelajar Katingan Ikuti Lomba Manasik Haji

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Ratusan peserta yang terdiri dari para pelajar mulai dari tingkat Tk, SD, SMP, SMA/SMK mengikuti lomba manasik haji, di halaman LPTQ Kabupaten Katingan, Kamis (8/8/2019).

Lomba manasik haji yang rutin dilaksankan setiap tahun bertujuan untuk memberi pengetahun tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji ini, dihadiri oleh Asisten II Setda Katingan Ahmad Rubama.

Ahmad Rubama mengatakan, bahwa dirinya menyambut baik adanya kegiatan tata cara manasik haji sejak dini. Ia berharap pengetahuan mengenai tahapan dalam menunaikan ibadah haji bisa dipelajari dengan baik oleh para pelajar. Sehingga ke depan, bisa memahaminya.

“Ibadah haji merupakan rukun ke-5 Islam dan menjadi salah satu ibadah yang diwajibkan sekali seumur hidup bagi setiap muslim yang mampu memenuhi persyaratan,”kata Rubama.

Karena itu lanjut dia, para pelajar yang mengikutinya bisa memahami tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji.

Selain itu, tambah dia, kegiatan ini juga membentuk karakteristik khusus dalam kemampuan pelaksanaannya, kerena perlu memperhatikan, syarat, rukun, wajib, serta yang disunahkan, sehingga dalam pelaksanaan ibadah haji mendapatkan predikat haji yang mabrur.

“Melalui manasik haji ini, para pelajar akan memperoleh pembekalan tentang tata laksana haji,”ujarnya.

Pada kesempatan ini, Rubama juga mengharapkan kepada para peserta lomba manasik haji agar dapat mendengar secara seksama  dan menyimak penjelasan hingga selesai. (ejk)