Puluhan Rumah Warga Mantangai Diterjang Puting Beliung

Petugas kepolisian dan warga saat mengecek rumah yang terkena terjangan puting beliung Selasa (20/8/2019).

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com – Puluhan rumah warga di RT 04 di Desa Mantangai Hulu Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas, rusak diterjang angin puting beliung, Selasa (20/8/2019) malam, sekitar pukul 18.00 WIB.

Selain merusak bangunan rumah, ada 8 unit tiang listrik di desa setempat turut roboh diterjang angin sehingga mengakibatkan terjadi pemadaman listrik.

Salah seorang warga setempat Sarwani mengatakan, terjangan angin puting beliung ini terjadi malam hari, tepatnya saat warga sedang melaksanakan salat magrib. Kejadian ini merusak sejumlah bangunan rumah milik warga yang terbuat dari kayu.

“Saat ini kondisi sudah normal. Warga yang rumahnya rusak akibat terjangan angin sudah memperbaiki bangunan rumahnya yang rusak,”ungkapnya ketika dimintai keterangan via telpon seluler Rabu (21/8/2019).

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga membenarkan, adanya kejadian tersebut. Menurut dia, peristiwa ini terjadi saat kondisi cuaca ekstrim dan angin kencang disertari hujan dengan intentias yang tinggi di desa tersebut.

“Kejadiannya malam hari, laporan yang kita terima sejauh ini hanya ada 2 rumah mengalami rusak berat, sedangkan 28 unit lainnya mengalami rusak ringan, dan 8 unit tiang listrik tumbang,”ungkapnya Rabu (21/8/2019).

Ia menjelaskan, selain merusak bangunan rumah, peristiwa tersebut juga mengakibatkan sejumlah warga mengalami luka karena tertimpa bangunan rumah yang rusak diterjang angin.

“Korban yang luka sudah dievakuasi ke Puskesmas setempat. Sementara saat ini untuk jumlah korban masih dilakukan pendataan,”tandasnya. (af/hm)