Perlu Pemerataan Kesejahteraan Daerah Pinggiran

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Beta Syailendra.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Besok tanggal 17 Agustus merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, seluruh rakyat Indonesia merayakan HUT ke-74 Republik Indonesia. Hari bersejarah ini tentu memberikan harapan besar, termasuk bagi masyarakat Kota Palangka Raya untuk terus melakukan pembangunan sebagai konsekuensi menuju kota yang mampu bersaing.

“Jika kota ini mampu bersaing dengan kota besar lainnya, maka hasil pembangunan di banyak sektor, akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ungkap Ketua Komisi A DPRD Palangka Raya, Beta Syailendra, Jumat (16/8/2019).

Beta menjelaskan, kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Palangka Raya, masih banyak yang harus dibenahi. Salah satunya adalah pemerataan kesejahteraan daerah pinggiran dan perkotaan diberbagai sektor.

“Seperti pembangunan infrastruktur dan lingkungan hidup yang belum merata sepenuhnya, sehingga perlu mendapat perhatian”, ujarnya.

Menurutnya, selama ini masyarakat di daerah pinggiran harus merasakan biaya transportasi yang lebih mahal dari daerah perkotaan, sebutnya.

Beta mencontohkan, masyarakat yang berada di kawasan tepian sungai yang belum terjamah peningkatan infrastruktur jalur darat, masih ada sebagian yang belum terbiasa menggunakan transportasi berbasis air. Transportasi berbasis air tersebut tidak diberdayakan dengan maksimal, sehingga yang terjadi adalah meningkatnya biaya karena terbatasnya armada.

Padahal masyarakat banyak yang beraktifitas di sungai, tetapi armada yang ada tidak diberdayakan maksimal. Jadi ini mungkin yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kota kedepannya, dimana peningkatan kualitas trasportasi harus seimbang, jelasnya.

Ia juga berharap kepada pemerintah, untuk memaksimalkan pelayanan publik didaerah pinggiran. Misalnya saja, pelayanan di bidang kesehatan dan pendidikan, karena dengan maksimalnya pelayanan didaerah maka dapat meningkatkan kesejahteraan dan tentu sumberdaya manusia (SDM) yang mampu bersaing.

Banyak masyarakat yang mengeluh harus ke kota untuk mendapatkan layanan kesehatan yang memadai, tentunya ini akan menambah biaya masyarakat. Ini salah satu yang perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah kedepan, pungkasnya.(ed)