Pemprov Kalteng Gagas Inventarisasi Potensi Daerah

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat menyampaikan sambutannya, Jumat (16/8/2019).

PALANGK RAYA, KaltengEkspres.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri menyarankan agar potensi dan keunggulan daerah perlu di inventarisasi, dan dikembangkan.

Hal ini diungkapkannya saat membuka FGD Penyusunan Grand Design Provinsi Kalimantan Tengah 2045, bertempat di Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Kamis (15/8/2019).

Sekda mengatakan, terkait penemuan obat tradisional oleh siswi SMAN 2 Palangka Raya yakni akar bajakah yang dianggap mampu menyembuhkan penyakit kanker, Pemprov Kalteng akan berupaya mengembangkan potensi sumber daya alam Kalteng. Bahkan akan mempatenkan temuan dua orang siswa tersebut milik Kalteng dan hanya timbuh di Kalteng.

“Tentunya hal ini perlu kita ketahui dan kita petakan secara menyeluruh dengan dan berkesinambungan untuk  mengembangkan dan mengolah potensi sumber daya alam (SDA) yang ada untuk kemakmuran masyarakat,”ungkapnya.

Pada kesempatan ini ia mengharapkan dengan adanya dokumen Grand Design Provinsi Kalimantan Tengah 2045 ini, bisa digunakan sebagai bahan penyusunan RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021 – 2025 dan RPJPD Tahun 2025 – 2045.

Disamping itu juga dapat menjadi landasan dan acuan kolaboratif yang selaras dengan program-program strategis Daerah berbasis Inovasi dan IPTEK, dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah. (ed/adv)