Pemprov Kalteng Bakal Kerahkan 1.000 ASN Untuk Padamkan Api

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri bersama Kepala Kejati Kalteng, Adi Susanto dan pejabat lainnya saat salat istiqa dan doa bersama lintas agama di halaman kantor Kejati Kalteng, Rabu (14/8/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng bakal mengerahkan 1.000 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kalteng untuk turut berpartisipasi membantu memadamkan kebakaram hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Palangka Raya.

Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya kegiatan Apel Jaksa dan ASN Perduli Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang dihadiri Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalteng, Adi Susanto dan Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri di halaman kantor Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalteng, Rabu (14/8/2019).

Disela kegiatan apel,  Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas inisiasi yang telah dilaksanakan oleh Kejaksaan Tinggi dengan melakukan Aksi Jaksa Peduli Karhutla. Ini agar mengikutsertakan para ASN di lingkup Pemprov Kalteng dan Kota Palangka Raya.

“Kegiatan Apel ini dirangkaikan dengan shalat istoqa dan doa lintas agama. Selanjutnya nanti akan ada aksi penyuluhan dan aksi pemadaman dengan melibatkan kurang lebih 1.000 ASN, diharapkan masyarakat disekitar lokasi kebakaran juga ikut berpartisipasi memadamkan api,”ungkap Fahrizal Fitri.

Terkait lokasi kebakaran, lanjut dia, nanti akan dikoordinasikan dengan BPBD terkait titik lokasi pemadaman, namun yang jelas nanti akan dibagi.

“Kegiatan aksi itu nantinya dilakukan selama satu hari, dan diharapkan menjadi contoh kepada masyarakat supaya jangan membakar hutan/lahan lagi.  Diharapkan aksi ini berdampak positif supaya kabut asap ini cepat berlalu,”ujarnya.

Sekda juga berharap dengan ditangkapnya satu orang yang diduga pelaku pembakaran hutan atau lahan agar segera diusut dan ditelusuri siapa aktor dibalik semua ini. Pihaknya berterimakasih kepada semua petugas terkait yang telah bekerja keras mencegah kebakaran hutan dan lahan. (ed/adv)