Pemkab Kobar Gelar Rakor Evaluasi Penanggulangan Karhutla

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar menggelar rapat koordinasi dan evaluasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), di Aula Bappeda Kobar, Selasa (13/8/2019). Rakor tersebut dipimpin langsung Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

“Rakor dan evaluasi penanggulangan Karhutla ini dilaksanakan untuk memaksimalkan lagi tim bekerja selain itu agar semua tim termasuk camat dan kepala desa memahami dan menjalani semua Intruksi dalam pencegahan karhutla,”kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah usai memimpin rakor kepada awak media.

Bupati menjelaskan, dalam kegiatan rakor dan evaluasi ini juga untuk mengetahui kendala yang di hadapi tim dalam penanggulangan karhutla, termasuk kendala yang di hadapi desa desa yang masuk daerah rawan terjadinya karhutla.

“Hasil rapat dengan Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu perihal karhutla ini dimana Presiden meminta kepada kita semua untuk tidak henti hentinya melakukan pendekatan kepada masyarakat dalam pencegahan agar Karhutla tidak terjadi lebih meluas,”ujar Bupati.

Untuk itu lanjut Bupati, agar camat dan aparat desa pun bisa melakukan hal itu dengan turun langsung ke masyarakat untuk memberikan pengertian agar masyarakat tidak membakar pada saat akan membuka lahan.

“Pada rakor ini juga telah diutarakan kendala yang dihadapi di lapangan. Yakni selain kekurangan personel juga lahan yang begitu jauh jangkaunya dan luasnya lahan gambut, jika lahan gambut itu terbakar akan kesulitan untuk memadamkan karena akses menuju kesana sangat jauh, kendala lainnya masalah ketersediaan air,”papar Bupati.

Dari semua kendala yang telah di sampaikan itu tambah Nurhidayah, semuanya akan di inventarisir karena  Pemkab Kobar telah berkomitmen bahwa Kobar harus terbebas dari kebakaran hutan dan lahan. (yus)