Menteri Susi Ajak Daerah Melestarikan Habitat Ikan

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI) Susi Pudjiastuti menggelar kunjungan singkat ke Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Rabu (7/8/2019). Tiba di Bandara Iskandar sekitar pukul 16.15 WIB, menggunakan pesawat jet pribadi. Kedatangan Susi disambut sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Kobar.

Dalam kunjungan singkat transir ini, Susi mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar dan nelayan untuk menjaga dan melestarikan habitat ikan di kawasan perairan Kobar.

“Potensi laut kita sangat melimpah. Kita punya udang, ikan, rajungan serta kepiting di Kobar. Tapi kalau tidak dijaga maka akan habis semua, itu percuma,” kata Susi Pudjiastuti kepada awak media, Rabu (7/8/2019).

Menurutnya, untuk mempertahankan semua potensi ikan di perairan laut Kobar seperti udang, rajungan dan potensi lainnya agar tetap ada, diperlukan dukungan dan kerjasama semua pihak yang terlibat. Tidak hanya dari pemkab, melainkan juga masyarakat nelayannya.

“Menjaga supaya ikan tetap banyak itu sangat penting, karena manusia juga bertambah. Kalau sedikit, untuk makan saja kurang. Karena jika ketersediaan ikan, kepiting, dan udang di laut banyak, maka nelayan juga di untungkan. Karena setiap nelayan melaut bisa mendapatkan hasil yang bagus,”paparnya.

Pada kesempatan itu ia juga menyorot terkait potensi kepiting di Kobar yang terus menurun. “Ini harus menjadi perhatian pemerintah daerah, dimana harus membatasi alat tangkap kepiting dengan menggunakan jaring,”tegasnya.

Sementara itu,pada momen kunjungan ini dimanfaatkan oleh jajaran Pemkab Kobar untuk menyampaikan potensi perikanan yang ada di Kobar. Sehingga hal ini disambut baik oleh Menteri Susi. Mengingat potensi perikanan yang ada di Kobar juga mempunyai kualitas.(yus)